6 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Tidak Membuat Berat Badan Cepat Naik

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat erat hubungannya dengan kenaikan berat tubuh. Pasalnya, walau beberapa besar karbohidrat yang masuk ke pada badan juga akan dirubah jadi daya, bekasnya juga akan disimpan berbentuk cadangan lemak. Tetapi tunggulah dahulu. Tidak semuanya makanan memiliki kandungan karbohidrat itu jahat untuk timbangan, lho! Sebagian makanan tinggi karbohidrat ini ditanggung akan tidak buat berat tubuh naik. Memanglah, apa rahasianya?
Daftar makanan memiliki kandungan karbohidrat yg tidak buat berat tubuh cepat naik

Bila Anda menginginkan tetaplah makan karbo tapi tidak mau berat tubuh naik selalu, cari sumber makanan yang memiliki kandungan karbohidrat pati resisten.

Pati resisten yaitu type karbohidrat kompleks yg tidak dapat diolah oleh usus. Di usus, pati resisten juga akan hasilkan asam lemak rantai pendek yang dimaksud SCFA jadi sumber daya untuk beberapa sel di usus. resep cemilan sehat Pati resisten juga akan merangsang system pencernaan Anda untuk melepas hormon kenyang yang semakin banyak, hingga menolong turunkan nafsu makan sampai lebih lama.

Ditulis dalam Healthline, makanan memiliki kandungan karbohidrat pati resisten dilaporkan berguna untuk tingkatkan sensitivitas insulin yang dapat menyetabilkan kandungan gula darah. Dampaknya, Anda akan tidak gampang terasa lemas serta lesu sesudah makan.

Diluar itu, Prevention mengatakan satu studi yang temukan kalau penuhi menu makan Anda cuma dengan 5. 4% konsumsi keseluruhan karbohidrat pati resisten juga akan percepat pembakaran lemak sesudah makan sejumlah 20-30 %. Walau demikian, masih tetap diperlukan bebrapa riset ilmiah semakin banyak dalam lingkup besar pada manusia untuk betul-betul meyakinkan bukti pati resisten untuk kurangi berat tubuh.

Apa sajakah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat pati resisten?

Oat

Oat (bubur havermut) yaitu makanan memiliki kandungan karbohidrat pati resisten yang baik. Dalam 100 gr jumlah oat standard memiliki kandungan sekitaran 3. 6 gr pati resisten, sesaat type rolled oats dapat memiliki kandungan pati resisten sampai 11. 3 gr per 100 gr porsinya.

Untuk makin tingkatkan kandungan pati resistennya, dinginkan oats yang telah masak sepanjang sebagian jam atau sampai semalaman sebelumnya disantap.

Beras coklat

Per 200 gr nasi dingin yang terbuat dari beras dapat memiliki kandungan 3 gr pati resisten. Tidak cuma kaya pati resisten, beras cokelat juga kaya vitamin serta mineral yang menolong sistem pemecahan daya pada badan.

Beras putih sesungguhnya juga mempunyai karakter yang sama dengan beras cokelat saat didinginkan, walau kandungan pati resistennya tidak setinggi beras cokelat.

Kacang-kacangan

Contoh kacang-kacangan yang tinggi kandungan pati resistennya yaitu kacang hijau, kacang putih, lentil, kacang polong, kacang buncis, serta kacang merah. Bergantung macamnya, per 100 gr kacang dapat memiliki kandungan 1-4 gr pati resisten. Tidaklah heran bila kacang-kacangan jadi pilihan makanan ringan untuk diet yang bukan sekedar mengenyangkan, tapi juga sehat.

Kentang

Kentang yaitu makanan sumber karbohidrat tinggi pati resisten. Untuk makin tingkatkan kandungan pati resistennya, dinginkan dahulu kentang Anda sesudah di rebus.

Terkecuali memiliki kandungan karbohidrat, kentang juga kaya zat gizi yang lain seperti kalium serta vitamin C untuk melindungi ketahanan badan.

Pisang hijau

Pisang yaitu makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, tapi kandungan pati resisten paling banyak diketemukan pada pisang hijau dengan kata lain pisang yang belum juga masak prima.

Ditulis dalam situs British Nutrition Foundation, per 100 gr pisang hijau memiliki kandungan 6, 8 gr pati resisten, sedang pati resisten pada pisang kuning cuma sebesar 0. 98 gr.

Tepung jagung

Tepung jagung di buat dari biji jagung yang dikeringkan serta digiling halus. Untuk tingkatkan kandungan pati resisten dalam menu makan Anda, berikan 1 sendok makan tepung jagung murni kedalam yogurt atau bubur oats dingin Anda. Tepung jagung juga menolong menyetabilkan gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *