7 Cara Translate Dokumen PDF Atau MS Word Online Ke Indonesia Menggunakan Google Docs

Hasil gambar untuk translate dokumen

Terkadang kamu perlu untuk Translate dokumen untuk tujuan tertentu. Salah satu yang bisa kamu manfaatkan untuk menerjemahkan adalah Google Translate, tetapi kamu harus menerjemahkannya kata per kata. Pastinya akan memakan waktu yang cukup lama jika harus dengan copas satu per satu. Tetapi tidak perlu khawatir karena ada alternatif lain yang pastinya paling tepat untuk digunakan yaitu menggunakan layanan Google Docs.

Menggunakan layanan Google Docs adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menterjemahkan PDF atau MS Word dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia secara online. Meski hasilnya memang tidak akan jauh berbeda dengan Google Translate yang kemungkinannya 100 % tidak sempurna, tetapi cara ini merupakan alternatif yang paling tepat pada saat kamu ingin translate dokumen berbahasa Inggris ke Bahasa Indonesia secara cepat tanpa menggunakan bantuan software tambahan.

Cara ini kemungkinannya sedikit bermanfaat bagi kamu yang memiliki ebook ataupun dokumen dalam bentuk MS Word baik doc ataupun docx berbahasa Inggris dan ingin mengubahnya kedalam Bahasa Indonesia supaya lebih mudah membacanya. Untuk bisa menggunakan layanan Google Docs, kamu hanya membutuhkan akun Google lalu halaman Google Docs dibuka, kemudian dokumen yang akan diterjemahkan diupload. Setelah dokumen berhasil diupload dan dokumen terbuka lalu kamu tinggal memilih menu alat – Terjemahkan Dokumen.

Berikut 7 cara menerjemahkan PDF atau MS Word Online Ke Indonesia menggunakan Google Docs diantaranya yaitu :

  1. Pertama tama kamu login terlebih dahulu ke Google Docs dengan menggunakan username dan password Gmail atau Google melalui tautan tersebut.
  2. Setelah kamu berhasil masuk lalu tanda + atau plus diklik.
  3. Lalu pilih menu File – Buka.
  4. Kemudian File PDF atau MS Word yang ingin kamu translate diupload dengan cara memilih Tab Unggah atau Upload lalu drag and drop atau juga dengan mengklik tombol Pilih file dari komputer mu.
  5. Setelah itu tunggu hingga dokumen yang akan di translate selesai diunggah, dan setelah dokumennya terbuka kamu tinggal memilih menu Alat – Terjemahkan Dokumen.
  6. Langkah selanjutnya adalah menentukan nama file baru yang akan kamu gunakan untuk menyimpan hasil terjemahan nanti, dan pada opsi Terjemahkan kedalam bahasa pilih Indonesia. Setelah itu pilihlah tombol Terjemahkan.
  7. Dan langkah terakhirnya adalah setelah terbukanya dokumen hasil terjemahan, maka kamu bisa mendownload hasilnya baik dalam format PDF ataupun Word melalui menu File – Unduh Sebagai lalu format yang diinginkan dipilih.

Itulah 7 cara menterjemahkan PDF atau MS Word Online Ke Indonesia menggunakan Google Docs. Dengan menggunakan layanan ini kamu tidak perlu copy paste kata perkata karena disini kamu bisa langsung menerjemahkannya langsung semua dokumen secara keseluruhan. Dengan adanya cara diatas kamu tidak perlu bingung lagi pada saat akan membaca file dokumen PDF, Word, eBook, makalah, dan lainnya yang menggunakan Bahasa Inggris karena bisa diubah kedalam Bahasa Indonesia.

Tetapi kekurangan Google Docs ini adalah seringkali kacau format hasil translatenya. Oleh karena itu supaya hasilnya lebih beraturan maka kamu bisa menggunakan aplikasi lain dari Google yaitu Google Drive. Google Drive ini tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan file saja karena bisa juga dimanfaatkan untuk mengedit dokumen, dan salah satunya mentranslate dokumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *