Bangka Belitung Menjadi Wilayah dengan Kualitas Lada Terbaik Kelas Dunia

Wisata Berkebun, Petik Lada di Bangka
Wisata Berkebun, Petik Lada di Bangka

Bangka Belitung Menjadi Wilayah dengan Kualitas Lada Terbaik Kelas Dunia , – Bangka Belitung memang layak diperhitungkan, meski menjadi pulau yang tidak sangat luas tetapi beberapa potensi terbaik tergali dari sini. Diantaranya dilihat dari sumber perairan yang banyak memanen ikan-ikan serta seafood. Selain itu, wilayah ini menjadi lokasi dengan tambang timah terbesar dunia. Bahkan pada kenyataannya, Bangka Belitung bukan hanya kaya dengan timah serta hasil perairannya. Akan tetapi berkat banyaknya laut-laut yang meluas membuat negeri Laskar Pelangi kaya akan tempat wisata pantai. Disisi lain, penting bagi kita semua tahu bahwa Bangka Belitung kaya akan perkebunan lada, khususnya lada putih. Meskipun pada dasarnya juga mempunyai hasil lada hitam.
baca juga : https://www.wisatabelitung.co.id/paket-belitung-4-hari-3-malam/

Banyak dikatakan bahwa Babel menjadi wilayah penghasil lada dengan kualitas terbaik di kelas dunia. Inilah bukti bahwa Indonesia cukup kaya, kita sebagai bangsa Indonesia harus mampu mengolah semua sumber daya alam agar bisa menjadi sebuah potensi yang banyak menguntungkan. Hal ini juga disampaikan oleh Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) yang menurutnya, lada putih hasil Bangka Belitung memang banyak dicari oleh pembeli luar negeri. Dengan dasar inilah KEIN memutuskan untuk mendorong peningkatan produksi serta kesejahteraan petani di provinsi Bangka Belitung.

“Dari segi mutu lada Babel terbaik dan ini yang dicari-cari pasar dunia,” ucap Ketua Pokja Pangan, Industri Pertanian dan Kehutanan KEIN, Benny Pasaribu ketika berkunjung di Pangkalpinang, Jumat (20/4/18).

 juga menyampaikan bahwa kunjungan KEIN ke pulau Bangka Belitung guna membantu mengembalikan kejayaan lada putih yang telah mengusung brand “Muntok White Pepper” di pasar dunia.

“Kami berharap pemasaran lada putih petani tidak berdasarkan mekanisme pasar. Untuk itu, pemerintah perlu membimbing petani dalam memasarkan hasil panen ladanya,” imbuhnya.

Mengutip dari Merah Putih, Selasa (3/7/18) menurut Benny lada putih di wilayah ini sudah menjadi warisan budaya dari nenek moyang. Oleh karena itu perlu adanya dorongan melalui pembinaan serta pemberian bantuan bibit, pupuk dengan kualitas terbaik sampai dengan pemasaran komoditas. Tujuannya agar masyarakat terus bersemangat dalam mengembangkan pertanian lada yang sangat mempunyai potensi tinggi di kelas dunia.

“Kunjungan ini untuk menindaklanjuti apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo, untuk menyusun road map industrialisasi sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah ini,” imbuhnya.

Rosman Djohan selaku Gubernur Kepulauan Bangka Belitung telah memberikan sambutan baik serta bersyukur atas kunjungan KEIN-RI untuk melihat langsung perkebunan lada putih tersebut.

“Saya senang dan berbangga KEIN bisa datang kesini dan diharapkan ada suatu kebijakan pemerintah pusat dalam mengembalikan kejayaan lada putih petani di daerah ini,” tandasnya.
baca juga : https://www.wisatabelitung.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *