Bayar Perhatian Terhadap Merek Dagang Dan Hak Cipta

Jadi Anda telah memasukkan semua pekerjaan ini ke dalam bisnis Anda: Anda punya nama, Anda telah membuat beberapa materi pemasaran, bahkan menulis beberapa hal untuk pelanggan Anda. Jika Anda tidak ingin pesaing Anda dapat mengambil apa yang telah Anda lakukan dan mengeksploitasinya, Anda perlu mengambil beberapa langkah untuk melindungi diri sendiri.

Gambar terkaitApa arti sebuah Nama?

Nama Anda adalah salah satu aset paling penting yang dimiliki bisnis Anda – bagaimana pelanggan mengidentifikasi Anda. Mengetahui nama Anda adalah langkah pertama untuk mempercayai Anda dan merekomendasikan Anda kepada orang lain. Tetapi apa yang dapat Anda lakukan jika Anda takut orang lain mungkin mulai menggunakan nama Anda, atau cukup memulai perusahaan lain dengan nama yang cukup mirip untuk membingungkan orang lain?

Jawabannya adalah Anda dapat mendaftarkan merek dagang. Merek dagang adalah kata atau logo yang membedakan satu hal dari yang lain, dan Anda memiliki hak untuk mendaftarkan nama atau logo apa pun yang digunakan bisnis Anda, untuk mencegah orang lain menggunakannya. Coca-Cola, misalnya, adalah merek dagang dari Coca-Cola Company – jika saya mulai menjual minuman saya sendiri dan menyebutnya ‘Coca-Cola’, atau bahkan sesuatu seperti ‘Cocoa-Cooler’, maka mereka memiliki alasan untuk menuntut saya.

Membuat Tanda Anda.

Anda dapat merek dagang baik nama bisnis Anda maupun nama-nama produk yang Anda jual. Satu-satunya syarat adalah bahwa mereka tidak boleh terlalu mirip dengan nama yang telah diberi merek dagang oleh seseorang, dan Anda biasanya tidak dapat kata-kata merek dagang yang umum digunakan.

Biayanya beberapa ratus dolar untuk mendaftarkan merek dagang, dan Anda dapat melakukannya melalui kantor paten. Ini bisa menjadi pemborosan uang untuk merek dagang terlalu banyak kata, jadi Anda hanya perlu repot-repot jika Anda berpikir salah satu nama Anda dapat terancam oleh pesaing.

Setelah Anda mendapatkan merek dagang Anda, itu milik Anda – Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan, termasuk memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakannya atau menjualnya kepada mereka. Namun, ingat bahwa merek dagang Anda biasanya hanya berlaku di negara tempat Anda mendaftarkannya – Anda biasanya tidak akan dilindungi dari persaingan di mana bisnis asing menggunakan merek dagang Anda. Selain itu, hak Anda untuk menggunakan merek dagang hanya akan bertahan selama beberapa tahun tertentu (biasanya satu dekade sejak tanggal pendaftaran). Setelah waktu ini, Anda harus membayar lagi untuk memperbaruinya.

Jangan Salin Saya.

Hak cipta mirip dengan merek dagang dalam hal jenis perlindungan yang mereka tawarkan, tetapi berbeda dalam cara kerjanya. Di hampir semua negara, kepemilikan hak cipta otomatis, dan tidak ada biaya. Saat Anda menulis (atau menggambar, atau merekam) sesuatu, Anda memiliki hak cipta atas itu, dan dapat mengambil tindakan terhadap siapa pun yang membuat salinannya tanpa izin Anda. Artikel ini sedang Anda baca sekarang, misalnya, memiliki hak cipta otomatis. Jika Anda memutuskan untuk menyalinnya tanpa izin dan meletakkannya di situs web Anda sendiri, maka itu akan ilegal. Bukan berarti Anda akan melakukan hal semacam itu, tentu saja.

Adalah mungkin untuk memiliki hak cipta pada hampir semua hal yang ada tetapi tidak secara fisik: musik, grafik, penulisan, program komputer, dan sebagainya. Namun, tidak mencakup hal-hal fisik (itulah paten), juga tidak mencakup nama (itulah merek dagang).

Hak cipta berlangsung lebih lama daripada merek dagang: biasanya itu berlangsung sampai Anda mati, dan kemudian beberapa tahun setelah itu, tergantung pada negara Anda dan jenis hal yang dilindungi hak cipta. Setelah akhir waktu ini, pekerjaan menjadi ‘domain publik’, gratis bagi siapa saja untuk digunakan.

Tentu saja, hak cipta adalah hak, bukan sesuatu yang mutlak harus Anda ikuti. Jika Anda ingin memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan dan mendistribusikan ulang sesuatu yang Anda buat dengan bebas, maka Anda memiliki hak hukum untuk melakukan hal ini. Anda bahkan dapat menyerahkan hak cipta Anda pada suatu karya sama sekali, hanya dengan menulis di atasnya bahwa Anda tidak lagi ingin memiliki hak cipta.

Karena Anda dalam bisnis, kemungkinannya adalah Anda ingin lebih banyak perlindungan untuk materi Anda, bukan kurang. Lihatlah mendaftarkan hak cipta Anda di kantor paten, karena melakukan hal ini akan memberi Anda kasus yang lebih kuat jika Anda perlu menggunakannya.

Artikel Lain : Resiko bisnis kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *