bisnis les privat bisnis modal kecil

Bisnis Les Privat

Bisnis les privat mungkin terlihat tidak menarik bagi sebagian orang, dan mungkin tidak terlintas dalam fikiran tentang bisnis ini. Bisnis jasa yang satu ini, belum menjadi sebuah bisnis yang menarik bagi para pengusaha. Walau sebenarnya sudah banyak bisnis besar yang dimulai dari bisnis les privat yang sangat sederhana.

Bisnis les privat salah satu bisnis jasa bidang pendidikan yang bertujuan membantu para pelajar mendapatkan pelajaran tambahan di rumah. Bisnis ini menghubungkan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pengajar dengan para pengajar. Usaha seperti ini umumnya disebut sebagai usaha broker di Indonesia.

Kebutuhan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar anak menjadi faktor utama bisnis ini. Banyaknya tenaga pengajar yang membutuhkan tambahan pendapatan di waktu luang membuat bisnis ini bisa tumbuh dan berkembang. Kedua hal di atas menjadi penggerak roda bisnis les privat yang masih belum mendapat perhatian yang besar dari para pengusaha.

Memulai sebuah bisnis tentunya harus melihat tingkat kebutuhan calon pelanggan. Untuk bisnis les privat sebaiknya lakukan survey sederhana mengenai kebutuhan pelajaran tambahan di masyarakat sekitar kota anda. Atau bisa juga dengan melihat berapa banyak sekolah-sekolah dasar hingga menengah yang ada di kota anda.

Bagaimana Memulai Bisnis Les Privat

Informasi kebutuhan akan prestasi pendidikan anak penting bagi bisnis anda. Saat ini secara umum, masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan yang tinggi akan prestasi akademik anak-anak mereka. Prestasi yang baik di sekolah masih menjadi ukuran keberhasilan orang tua dalam mendidik anak. Terbukti sampai saat ini sekolah-sekolah favorite masih menjadi incaran para orang tua setiap tahun ajaran baru.

bisnis les privat bisnis modal kecil

Keberhasilan bisnis les privat terdapat pada kualitas layanan para tenaga pengajar terhadap para siswa yang menjadi pelanggan anda

Setelah mendapat informasi kebutuhan calon pelanggan anda, sebaiknya mulai mencari tenaga pengajar yang berkualitas. Bisa anda gunakan tenaga para mahasiswa atau guru-guru yang sesuai dengan bidang mata pelajarannya.

Mahasiswa tingkat akhir biasanya memiliki waktu luang untuk membantu anda menjadi tenaga pengajar. Para guru yang membutuhkan pendapatan tambahan tentu dengan senang hati membantu anda mengajar siswa untuk les privat anda.

Tahapan selanjutnya adalah membuat perjanjian kerja sama dengan tenaga pengajar. Buat perjanjian kerja sama yang saling menguntungkan, para pengajar adalah partner bisnis anda sehingga anda harus memperlakukan mereka dengan baik. Jangan terlalu banyak mengambil keuntungan karena bila tenaga pengajar bekerja dengan baik maka pelanggan anda akan selalu bertambah.

Promosi Dan Harga Les Privat

Promosi dan harga sangat penting saat anda memulai bisnis les privat. Lakukan promosi seefektif mungkin untuk menjangkau calon konsumen anda, berikan informasi yang tepat agar mereka tertarik. Umumnya masyarakat menggunakan brosur untuk promosi sebuah les privat. Buatlah brosus yang menarik dan informatif hingga masyarakat tertarik.

Harga yang anda tetapkan sebaik sesuai dengan harga umum yang diberikan oleh usaha les privat lain di kota anda. Jangan berikan harga yang terlalu murah, hanya karena anda baru membuka bisnis les privat. Berikan harga wajar dan berikan diskon untuk menarik konsumen.

Harga yang terlalu murah akan membuat orang bertanya tentang kualitas jasa yang anda tawarkan. Untuk itu sebaiknya berikan paket-paket diskon agar masyarakat tertarik menggunakan jasa les privat anda.

Saat-saat awal memulai bisnis ini, tentu tidak langsung banjir dengan permintaan masyarakat. Tahun pertama merupakan tahun yang penting bagi setiap bisnis, tahun pertama adalah tahun memperkenalkan bisnis anda. Oleh karena itu anda harus bersabar dan tetap melakukan promosi yang efektif agar masyarakat mengenal bisnis les privat anda.

Lakukan evaluasi terhadap promosi yang anda lakukan, gunakan beberapa teknik promosi dan gunakan metode yang paling efektif. Demikian sekilas mengenai bisnis les privat, bisnis yang memiliki prospek sangat baik bila dikembangkan secara serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *