Cara Download e-Faktur Pajak

Cara download e-faktur pajak ini akan membantu kita dalam mendapatkan aplikasi yang berguna untuk dunia perpajakan. Pajak menjadi kewajiban atau tanggungan bagi setiap masyarakat bagi negaranya masing-masing atas fasilitas umum yang diberikan. Perkembangan teknologi semakin memudahkan perpajakan Indonesia.

download e-faktur pajak
download e-faktur pajak

Cara Download e-Faktur Pajak

Faktur pajak dalam bentuk terbaru, yakni elektronik ini disebut sebagai e-faktur yang dibuat berupa aplikasi sistem elektronik sesuai dengan peraturan Direktorat Jenderal pajak. Pembuatan e-faktur ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi pengusaha kena pajak sebagai salah satu bentuk kewajiban perpajakan terutama dalam pembuatan faktur pajak elektronik. Pengusaha yang terakena pajak diharuskan membuat faktur pajak dalam bentuk elektronik sesuai dengan keputusan dari Direktur Jenderal Pajak. Pemberlakuannya dilakukan secara bertahap dan sudah diawali pada tahun 1 Juli 2014 pada PKP tertentu. Sejak 1 Juli 2015, PKP yang sudah terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak di Jawa dan Bali wajib menggunakan faktur elektronik. Sementara pemberlakuan faktur elektronik secara nasional sudah dimulai sejak tanggal 1 Juli 2016 secara serentak.

Pembuatan faktur pajak saat ini sudah bisa dilakukan secara online, bahkan sudah ada aplikasi e-faktur yang dapat diperoleh dari situs DJP dengan alamat http://www.pajak.go.id/e-faktur. atau bagi anda yang ingin mendapatkan tutorial e faktur silahkan kunjungi website : https://solusibisnis.co.id/Journal/download-e-book-tutorial-e-faktur-secara-lengkap Bagi Anda yang belum familiar dengan aplikasi atau situs ini maka bisa menyimak bagaimana cara mengunduh e-faktur pajak. Berikut adalah caranya:

  1. Pilih windows 32 bit atau windows 64 bit tergantung sistem apa yang Anda gunakan. Apabila tidak tahu bagaimana mengecek jenis windowsnya maka gunakan saja versi 32 bit. Caranya adalah dengan membuka file explore/ windows explore, klik drive C, lihatlah apabila ada 2 folder program file maka berarti 64 bit, tapi jika hanya ada 1 maka kemungkinan komputer Anda menggunakan 32 bit. Perbedaan kedua bit ini tidaklah mempengaruhi secara signifikan masalah fungsinya, perbedaan mungkin terletak pada performanya.
  2. Untuk Macinthos dan Linux maka sistem operasinya bertuliskan Mac dan Linux. Tapi untuk kali ini, kita hanya akan membahas windows saja.
  3. Setelah itu, Anda dapat mengunduh dan mendapatkan file dalam bentuk zip. Jangan lupa untuk menginstal winrar, 7zip atau winzip untuk bisa membukan file tersebut kemudian klik Efaktur_Windows_64bit.exe.
  4. Pilih folder yang akan digunakan untuk menyimpan aplikasi kemudian install aplikasi dimana tidak terdapat di sistem sehingga dikatakan sebagai aplikasi portabel.
  5. Kemudian klik 2kali Etaxinvoice.exe, maka aplikasi dapat langsung berjalan, tapi pastikan dulu bahwa PC Anda berada dalam kondisi online ketika registrasi.
  6. Aplikasi sudah selesai di instal dan bisa segera dipakai

Perkembangan teknologi ternyata sudah dimanfaatkan oleh pemerintah untuk terus mengembangkan layanan umumnya agar tidak menyusahkan para penggunanya. Banyak keuntungan yang didapatkan dari penggunaan faktur elektronik, seperti data yang tersimpan dengan baik dan terorganisir. Setelah melihat banyaknya manfaat yang diperoleh maka pihak pengembang akan terus memberikan layanan terbaiknya untuk masalah perpajakan. Sudah banyak materi yang bisa diambil dari berbagai media, jadi sebenarnya kita bisa bertemu melalui media sosial yang menjadi favorit bagi banyak orang. Pada dasarnya, manfaat penggunaan e-faktur lebih banyak dirasakan oleh badan, perusahaan atau organisasi yang besar karena banyaknya urusan perpajakan bisa dikerjakan dengan lebih mudah, tidak menghabiskan banyak waktu ataupun kertas. Oleh karena itu, Anda bisa segera beralih ke faktur pajak elektronik. Demikian informasi mengenai cara download faktur elektronik pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *