cara merawat ikan koi untuk pemula sampai akhir

cara merawat ikan koi untuk pemula sampai akhir

Ikan koi sendiri sudah banyak dijadikan objek budidaya oleh masyarakat khususnya masyarakat di Indonesia. Projek budidaya ikan koi sendiri didirikan mengingat banyak dan semakin tingginya keinginan masyarakat untuk memelihara ikan cantik ini. Budidaya ikan hias koi sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari yang pemula hingga yang sudah ahlinya. Berikut kami bagikan informasi seputar cara merawat ikan koi untuk pemula sampai akhir di jual ikan koi.

  1. Memilih ikan koi yang sehat

Ikan koi merupakan ikan favorit masyarakat. Dengan tingginya keinginan masyarakat seringkali membuat beberapa oknum pemudidaya yang memberikan ikan koi yang tidak sehat dengan harga yang lebih terjangkau. jangan terkecoh dengan harga, tapi perhatikan dulu ciri-cirinya. Jika ikan koi masuk kedalam ciri-ciri ikan koi berkualitas yang sehat, maka ikan koi bisa diambil untuk dibudidaya.

  1. Mempersiapkan kolam ikan koi

Bagi Anda yang baru membuat kolam ikan, jangan langsung menempatkan ikan pada kolam yang baru jadi, karena kemungkinan ada bau semen yang masih ada. Untuk menghilangkan bau semen, biasanya para pembudidaya menggunakan pelepah pisang. Kadar keasaman ikan koi juga harus dijaga, yaitu 6,5 hingga 8,6. Selain kolam semen, ikan koi sebenarnya lebih direkomendasikan untuk dibudidayakan di aquarium. Selain lebih sehat dan terjaga, ikan koi juga akan terpantau perkembangannya. Filter air 4 lapis akan berguna dalam merawat ikan koi.

  1. Atur jumlah ikan koi yang akan ditempatkan dalam satu kolam

Saat ikan koi sudah besar atau dewasa, tentu saja ikan koi akan memerlukan ruang gerak yang lebih luas. Perhatikan luas kolam atau aquarium dan tempatkan beberapa jumlah ikan sesuai dengan perkiraan.

  1. Beri makan ikan koi secara teratur

Pakan ikan hias koi yang bagus adalah yang diimpor langsung dari Jepang dengan harga sekitar 150 ribuan. Sedangkan untuk kadar pemberian makan kepada ikan koi bisa dilakukan 2 kali dalam sehari secara teratur. Beberapa type makanan lain yang bisa diberikan pada ikan koi adalah sayur-sayuran, cacing, semangka, dan makanan alami lainnya.

  1. Jaga kualitas air dalam kolam ikan koi

Perhatikan suhu dan tingkat kekeruhan air. Ikan hias koi harus hidup dalam air dengan pH dan kejernihan yang seimbang. Akan baik jika mengganti 10% air dalam kolam selama satu minggu sekali.

Tata cara merawat ikan koi untuk pemula sampai akhir diatas semoga bisa membantu Anda dalam memulai bisnis anda dalam budidaya ikan koi. Pastikan juga bahwa cara diatas dilakukan dengan benar. Sehingga nantinya di masa depan akan didapatkan hasil panen budidaya ikan koi yang berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi. Temukan beragam informasi unik lainnya seputar budidaya ikan hias koi di https://minasejahtera.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *