Karakteristik Elemen Kimia Perak

Karakteristik Elemen Kimia Perak

Perak, unsur kimia, ada di tabel periodik dengan simbol “Ag” dan nomor atom 47. Perak adalah logam transisi berkilau putih lembut. Karena fakta bahwa ia memiliki konduktivitas listrik dan termal tertinggi dari logam mana pun, perak digunakan di seluruh dunia, digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan makan, dan fotografi. Perak terjadi pada mineral dan dalam bentuk bebas.

Saya yakin jika Anda melihat Anda akan memiliki di rumah Anda beberapa benda yang terbuat dari perak yang dipoles. Misalnya: uang perak, atau sendok garpu perak, atau peralatan fotografi.

Menjadi hanya sedikit lebih keras dari emas, perak sangat ulet dan mudah dibentuk. Karena sifat fisik perak sebagai kilau logam putih cemerlang itu bisa menyerap cat dalam jumlah tinggi. Tembaga telah menggantikan perak dalam beberapa kasus karena itu biaya sewa, hal ini terutama berlaku untuk keperluan listrik.

Perak memiliki sejumlah karakteristik penting lainnya:

– Perak memiliki warna putih dari logam manapun

– Perak memiliki konduktivitas termal tertinggi dari logam manapun

– Perak memiliki resistansi kontak terendah dari logam manapun

– Perak memiliki pantulan optik tertinggi dari logam manapun

Perak stabil di udara murni dan air, namun menodai bila terkena ozon, hidrogen sulfida, atau udara dengan belerang di dalamnya. Penggunaan perak yang paling umum adalah logam mulia dan garam halidanya. Hal ini terutama berlaku untuk perak nitrat. Perak juga banyak digunakan dalam fotografi, yang saat ini menjadi industri tunggal terbesar dimana perak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *