KEHEBATAN POHON TREMBESI UNTUK MENJAGA KESEIMBANGAN ALAM

KEHEBATAN POHON TREMBESI UNTUK MENJAGA  KESEIMBANGAN ALAM

Pohon merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan .Pohon menghasilkan oksigen ,pencegahan banjir ,longsor,melawan pencemaran udara dan mengurangi pemanasan global . Namun untuk menanam pohon di pinggir jalan yang memiliki manfaat maksimal ada kriteria khusus . Antara lain dapat menyerap gas Co2 ,menghasilkan H2O ,tinggi pohon lebih dari 3 meter ,rimbun dengan kerapatan daun yang bisa menutupi sinar matahari ,daun tidak mudah rontok ,rantingnya tidak mudah patah dan akar kuat menghunjam ke dalam tanah sehingga pohon tidak mudah tumbang .

Pohon trembesi merupakan salah satu jenis tumbuhan hutan yang memiliki nama latin Samatea Saman atau Albazia Saman ,memiliki kriteria tersebut .Berkayu dan berukuran besar yang bisa menjadi tempat berlindung berbagai satwa .Selain itu Pohon Trembesi juga dapat menyimpan air dan menjaga kesuburan tanah .

Dengan kelebihan yang dimiliki Trembesi menjadi pilihan DTFL dalam program “Menanam Trembesi 1.350 KM di Banyuwangi” .Trembesi merupakan tanaman asli savanna di Mexico sangat kering dengan curah hujan 400-600 ml per tahunnya trembesi bisa hidup namun di tempat banyak airnya seperti di dasar sungai yang selalu berair dan juga bisa survive . Ada yang menyebutnya tanaman die hard ,susah matinya .Namun sudah cukup lama masuk ke Indonesia . Pohon trembesi merupakan suatu terobosan mengatasi pemanasan global karena memiliki daya serap Co2 yang sangat tinggi . Karena memiliki diameter tajuk sepanjang 15 meter ,maka satu batang pohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton gas Co2 per tahunnya .

baca juga : Jual Pohon Trembesi

Pemilihan Trembesi dapat hidup di tanah dengan PH yang sangat rendah asam apalagi yang netral ,karena dia bersimbiosis dengan bakteri untung menangkap nitrat dari udara ,maka pohon trembesi  bisa menghasilkan zat urea sendiri . Jadi di daerah yang sangat tidak subur dia bisa hidup dan dapat menyuburkan tanah karena daunnya yang sangat rimbun jika kering menjadi kompos .Trembesi bisa dimana saja dengan kondisi berbagai macam tanah . Karena daunnya yang sangat banyak bisa mencapai diameter sekitar 15-20 meter dapat menyerap gas CO2 yang sangat banyak . Tapi trembesi dapat mengolah air dengan baik .Pada saat panas sangat terik daun-daunnya menguncup yang artinya mengurangi transpirasi air ,mengurangi penguapan bisa dikatakan pohon trembesi ini cerdas karena bisa mengatur air .

Itulah mengapa di dalam hutan ,pohon trembesi dijadikan tempat-tempat berteduh oleh hewan – hewan musim panas karena selain sejuk juga menghasilkan yang cukup banyak . Jika digunakan untuk tanaman peneduh di pinggir jalan disarankan pada usia tiga tahun dilakukan pemotongan pada akar – akar yang akan merusak jalan . Untuk cabang – cabang pohon terus di pangkas hingga mencapai 4 meter baru dibiarkan tumbuh hingga rimbun dan membentuk kubah . Dan lebih jauh lagi disinyalir daun dan bijinya dari trembesi bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan . Dengan banyaknya manfaat trembesi DTFL melakukan penanaman sepanjang 1.350 kilometer jalur pantura ,banyuwangi ,sejak 2010 telah menanam 26.554 pohon dan selama 3 tahun akan melakukan perawatan pada 36.357 pohon yang akan ditanam hingga 2015 di jalur pantura . Di Surabaya DTFL memberikan bantuan alat tanam serta 775 bibit trembesi dan 775 bibit manggmanga diserahkan pada 31 camat se-surabaya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *