Keputihan Warna Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Menular Seksual

Keputihanadalah hal yang normal untuk wanita. Jumlahnya bisa beragam, begitu halnya aroma serta warnanya, bergantung dari siklus menstruasi. Walau sekian, terdapat banyak keadaan keputihan yang butuh diwaspadai karna dapat jadi sinyal penyakit menyebar seksual.

Keputihan Warna Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Menular Seksual

Membedakan type keputihan

Keputihan Sepanjang Hamil

Menangani Keputihan

Sekitar Keputihan

Bagaimana membedakan keputihan yang normal serta tidak normal?

Keputihan yang normal berwarna bening sampai putih keruh serta/atau kekuningan bila melekat pada baju dalam, tidak berbau, serta tidak menyebabkan yang dirasakan seperti gatal atau rasa tidak nyaman.

Baca juga : Stop Keputihan! 5 Cara Mencegah Keputihan Sejak Dini

Perubahan pada keputihan yang normal ini bisa dipicu oleh siklus menstruasi, stres, status gizi, kehamilan, serta pemakaian obat-obatan (termasuk juga pil KB).

Disamping itu, keputihan yg tidak normal—misalnya, cairan dengan bau atau warna yg tidak umum atau yang dibarengi gatal atau nyeri—dapat jadi sinyal yang butuh diwaspadai. Pemicunya dapat dari mulai infeksi vagina sampai siklus menstruasi.

Dalam umumnya masalah, keputihan abnormal ini tidak beresiko, walau dapat buat tidak nyaman. Tetapi, dapatlah adalah tanda dari sebagian penyakit menyebar seksual, seperti trikomoniasis, klamidia, serta gonore.

Tanda keputihan pada penyakit menyebar seksual

Penyakit menyebar seksual bisa mempunyai tanda berbentuk keputihan yg tidak seperti umumnya. Baik dari sisi ketekunan, bau, sampai warna.

Di bawah ini yaitu sebagian penyakit menyebar seksual yang dapat dideteksi dari warna keputihan :

Trikomoniasis

Satu diantara tanda trikomoniasis, penyakit menyebar seksual yang dikarenakan oleh parasit, yaitu keputihan berwarna putih, abu-abu, kuning atau hijau, berupa kental, serta berbau tidak enak dan berbusa.

Yang dirasakan beda yang bisa mengikuti yaitu dinding vagina berwarna kemerahan, merasa nyeri serta terbakar, dan nyeri waktu buang air kecil atau terkait seksual.

Klamidia

Beberapa orang tidak mengerti menderita klamidia, karna tanda tidak senantiasa dikenali. Bahkan juga umumnya tidak bergejala sekalipun. Seandainya tanda ini keluar, umumnya satu sampai tiga minggu sesudah terinfeksi.

Gejala-gejala yang umumnya muncul termasuk juga keputihan berwarna kuning atau hijau, serta sensasi terbakar waktu buang air kecil.

Gonore

Gonore bisa menyebabkan keputihan yang encer serta berwarna hijau atau kuning. Tanda beda yang bisa mengikutinya yaitu rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil. Dapat pula keluar nyeri di ruang perut sisi bawah, namun ini tidak sering.

Walau bukanlah bermakna penyakit menyebar seksual, Anda tetaplah mesti siaga bila alami keputihan dengan tanda-tanda itu. Janganlah sangsi untuk menjumpai dokter supaya bisa didiagnosis selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *