Spesial Hari Raya,Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah!

Lebaran sebentar lagi Teman dekat! Sudahkah anda menyisihkan pendapatan anda untuk membayar zakat fitrah? Untuk menyempurnakan puasa Ramadhan, semuanya muslim, terlebih untuk mereka yang dapat, harus lho membayarkan zakat fitrah.

Keharusan membayar zakat juga diterangkan didalam ayat Al Quran di bawah ini,

“Dan dirikanlah shalat serta tunaikanlah zakat. Serta kebaikan apa sajakah yang anda upayakan untuk dirimu, pasti anda juga akan memperoleh pahalanya pada bagian Allah. Sebenarnya Allah Maha Lihat apa-apa yang anda lakukan. ”
QS Al-Baqarah 2 : 110

Zakat Fitrah apa itu ya?

Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat diri yang diharuskan atas diri tiap-tiap individu lelaki serta wanita muslim baik tua ataupun muda yang berkemampuan dengan kriteria yang sudah diputuskan.

Batas saat yang didapatkan yaitu hingga mendekati Sholat Idul Fitri, yakni dari terbenamnya matahari di hari paling akhir Ramadhan, sampai sebelumnya sholat Idul Fitri. Besarnya zakat fitrah dibayarkan sesuai sama harga bahan pokok. zakat fitrah dengan uang Benda yang dipakai untuk membayar zakat fitrah yaitu makanan pokok menurut masing-masing daerah seperti beras, gandum, atau kurma untuk tiap-tiap orang yang memerlukan yang jumlah pembayaran zakat fitrah yaitu 3, 2 liter atau 2, 5 kg beras.

“Ambillah zakat dari beberapa harta mereka, dengan zakat itu anda bersihkan serta mensucikan mereka serta mendoalah buat mereka. Sebenarnya doa anda itu (jadi) ketenteraman jiwa untuk mereka. Serta Allah Maha Mendengar sekali lagi Maha Ketahui. ” At Taubah 9 : 103

Bedanya dengan Zakat Maal?

Jika zakat fitrah yaitu zakat yang di keluarkan oleh tiap-tiap muslim serta besarnya sudah ditetapkan, lantas apa bedanya dengan zakat maal?

Zakat maal yaitu zakat yang di keluarkan dari harta yang dipunyai oleh seseorang muslim. Besarnya zakat yang di keluarkan yaitu 2, 5% dari jumlah harta yang dipunyai.

Prasyarat seseorang muslim yang harus keluarkan zakat maal yaitu Islam, merdeka, berakal, balig, dan telah menjangkau nisab. Nisab yaitu ukuran atau batas paling rendah yang sudah diputuskan dalam syariat Islam.
Siapapun yang memiliki hak terima Zakat Fitrah?

Tidak mati bahagia itu simpel. Sharing dengan sesama adalah satu diantara hal yang dapat buat Teman dekat Mapan bahagia. Langkahnya yaitu dengan tidak lupa membayar zakat fitrah. Dengan membayar zakat, anda telah membantu 8 kelompok di bawah ini.

1. Fakir – Orang yg tidak mempunyai kekuatan untuk memenuhi keperluan diri serta keluarganya,

2. Miskin – Orang yang kebutuhannya tidak terpenuhi, kondisinya tidak di ketahui hingga tak ada yang bersedekah padanya, serta tidak memohon-minta suatu hal pada manusia,

3. Riqab – Hamba sahaya atau budak yg tidak mempunyai kemerdekaan atas dianya,

4. Gharimin – Beberapa orang yang memikul beban cost orang yang lain atau utang umum yang perlu selekasnya dibayar,

5. Mualaf – Beberapa orang yang baru masuk Islam serta diinginkan keislamannya jadi tambah baik,

6. Fi Sabilillah – Beberapa orang yang dengan suka-rela memperjuangkan agama Allah,

7. Amil Zakat – Petugas yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengumpulkan, mencatat, mengkalkulasi, serta menyalurkan zakat,

8. Ibnu Samil – Beberapa orang yang melancong jauh dari satu negeri ke negeri beda tanpa ada bekal yang bisa memenuhi kebutuhannya sepanjang didalam perjalanan
zakat fitrah

Tetapi dari ke-8 kelompok ini, yang perlu diprioritaskan yaitu kelompok fakir serta miskin lho Teman dekat. Bagaimana? Telah mulai memahami tentang zakat fitrah? Yuk, selekasnya dibayar zakatnya bila anda telah menyisihkan penghasilanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *